Rabu, 14 Oktober 2020

Inilah Alasan Mengapa Margarine Pilihan Lebih Baik

Inilah Alasan Mengapa Margarine Pilihan Lebih Baik - Smart Bakers yang menangani berbagai bahan untuk membuat kue, mungkin terkadang masih ragu mana yang harus dipilih antara Margarine (butter) atau margarin sebagai salah satu bahan utama kue yang akan kita buat.  Apa perbedaan antara Butter dan Margarine? Apa alasan yang membuat margarin menjadi pilihan yang lebih baik daripada Margarine?

Awalnya, margarin dibuat sebagai alternatif pengganti Margarine. Oleh karena itu, tentu tidak mengherankan jika tampilan dan kegunaan keduanya juga mirip. Saat itu Margarine merupakan salah satu bahan makanan yang paling populer digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penambah rasa pada roti, bahan dasar pembuatan kue, roti, dan juga untuk memasak.

Sayangnya Margarine merupakan makanan mewah yang tidak terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Margarine cenderung mudah meleleh, sehingga tidak praktis untuk dibawa-bawa dan digunakan di medan perang.

Dia membuat margarin dari minyak nabati sebagai alternatif Margarine. Meski sekilas terlihat mirip dengan Margarine, namun margarin telah berkembang menjadi salah satu produk Margarine dengan berbagai keunggulan.

Inilah Alasan Mengapa Margarine Pilihan Lebih Baik

Serupa tapi tak sama

Jika dilihat dari bahan dasarnya, Margarine berasal dari lemak susu, umumnya susu sapi. Namun, masih ada beberapa yang berbahan dasar susu kambing atau domba, meski sepertinya sulit menemukan Margarine seperti ini di pasaran. Sedangkan bahan utama margarin adalah minyak dari tumbuhan.

Secara penampilan juga terdapat perbedaan yang cukup jelas bagi mereka yang jeli. Margarine berwarna kuning pucat, sedangkan margarin lebih tua berwarna kuning. Dari sisi pengolahan, perlu juga diperhatikan bahwa Margarine lebih mudah meleleh dibandingkan margarin. Ini karena Margarine mengandung lebih banyak air daripada margarin.

Bagaimana Alasan Mengapa Margarine Pilihan Lebih Baik?

Bagaimana dengan harganya? Bahan-bahan yang lebih terbatas dan proses pembuatan yang lebih sulit berarti bahwa harga Margarine umumnya lebih tinggi daripada harga margarin. Sesuai dengan tujuan awalnya, harga margarin lebih terjangkau. Satu lagi perbedaan antara Margarine dan margarin adalah kandungan lemaknya. Berbagai penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatan di berbagai belahan dunia menunjukkan bahwa Margarine mengandung kolesterol dan lemak jenuhnya yang tinggi, sedangkan margarin justru mengandung lemak tak jenuh.

Saatnya Beralih ke Margarin

Dari sudut pandang Smart Bakers, Margarine dan margarin memang memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Keduanya dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue, roti, dan kue kering. Tetapi jika Anda harus memilih, margarin adalah pilihan yang lebih baik.

Mengapa demikian?

Sebagai pertimbangan pertama, harga Margarine yang umumnya lebih tinggi akan mengakibatkan biaya produksi yang lebih tinggi. Jika Smart Bakers menggunakan butter untuk membuat produk pastry yang dijual kembali, biaya tambahan ini akan menghasilkan harga jual yang lebih tinggi.

Penggunaan margarin tentunya akan menekan biaya produksi tanpa mengorbankan kualitas akhir karena saat ini margarin berada dalam kelas yang sama dengan Margarine. Pertimbangan kedua adalah gaya hidup sehat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan merupakan salah satu faktor utama penyebab gangguan kesehatan pada masyarakat modern.

Dengan kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, pastinya Margarine bukanlah pilihan yang tepat. Karena terbuat dari lemak nabati, margarin mengandung lemak tak jenuh dan direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Demikianlah Artikel tentang Inilah Alasan Mengapa Margarine Pilihan Lebih Baik semoga bermanfaat.

banner
Previous Post
Next Post