Senin, 18 November 2019

Kegiatan Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Masa Kehamilan?


Kalau kamu sedang hamil sekarang ini, tentu ada berbagai macam pantangan mau pun larangan yang perlu kamu hindari. Tentu saja hal itu perlu kamu lakukan agar kondisi kamu dan kesehatan janinnya tetap terjaga dengan baik sampai kelahirannya. Maka itu, agar pertumbuhan janin kamu tetap baik, lebih baik kamu cari tahu apa-apa saja kegiatan yang dilarang saat hamil.

Orang lain pastinya akan membantu kamu memberikan rekomendasi kegiatan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Tapi, dari dirimu sendiri juga perlu mencari tahunya agar kamu tidak melakukan aktivitasnya terlalu berlebihan. Simak dulu beberapa kegiatan yang perlu kamu batasi selama masa kehamilan, terutama yang usianya masih muda.

Kegiatan Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Masa Kehamilan?

Merokok dan Minum Alkohol
Selama masa kehamilan, hindari dari kegiatan yang merokok dan minum alkohol. Kamu yang punya kebiasaan merokok saat hamil, nanti bayi kamu bisa lahir secara prematur dengan cacat lahir. Selain itu, berat badan bayi kamu juga akan lebih rendah dari bayi pada umumnya.

Tidak hanya merokok yang menjadi kegiatan yang dilarang saat hamil, minum alkohol juga ha wajib kamu hindari selama hamil. Mengkonsumsi alkohol selama hamil akan membuat janin kamu mengalami pertumbuhan yang tidak sehat. Dan yang lebih buruk lagi adalah janin kamu bisa mengalami keguguran.

Minum Kopi Terlalu Banyak
Tidak sedikit ibu-ibu minum kopi agar pikiran lebih fresh. Tapi, buat para ibu hamil, lebih baik hindari dulu minum kopi terlalu banyak karena bisa mengganggu pertumbuhan janin kamu nanti. Di dalam kopi ada kafein yang kalau dikonsumsi terlalu sering meski dalam jumlah sedikit, janin kamu tidak bisa menerimanya dengan baik.

Resiko kesehatan pada janin kamu akan membahayakan kalau kamu mengkonsumsinya secara berlebihan. Lebih baik kalau kamu mau tetap minum kopi, kurangi jumlah kopinya. Misalkan kalau setiap hari kamu minum kopi, kurangi menjadi 2 hari seminggu atau kalau lebih bagusnya sehari seminggu.

Terlalu Lama Berdiri
Kegiatan yang dilarang saat hamil lainnya yaitu terlalu lama berdiri. Kalau kamu masih bekerja di kantor dan naik transportasi umum, lebih baik usahakan kamu mencari tempat duduk karena terlalu lama berdiri tidak baik buat kesehatan janin kamu.

Kamu yang terlalu lama berdiri akan membuat tekanan pada kaki semakin meningkat. Tekanan pada kaki itulah yang membuat bagian janin juga akan ikut tertekan. Kalau kamu membiarkannya, perut kamu akan menjadi tidak nyaman dan bisa beresiko keguguran.

Minum Obat atau Susu Tanpa Rekomendasi Dokter
Selama masa kehamilan, minum susu dan obat adalah hal yang penting yang perlu dikonsumsi setiap hari. Keduanya akan memberikan kebutuhan gizi yang cukup buat janin sehingga pertumbuhannya berkembang dengan baik. Tapi, kamu harus mendapatkan persetujuan obat atas rekomendasi dari dokter, begitu juga dengan susunya.

Ikuti petunjuk penggunaan obatnya agar tidak kelebihan dosis buat janin kamu. Selain itu, tanyakan pada dokter susu apa yang cocok buat kamu konsumsi, karena terkadang ada ibu hamil yang tidak cocok dengan susu kehamilan yang dijual dipasaran.

Lebih baik kamu hindari kegiatan yang dilarang saat hamil termasuk posisi women on top saat berhubungan saat hamil muda agar kamu dan janin kamu tetap dalam keadaan sehat sampai masa persalinan. 

Konsultasilah dengan doktermu agar kamu tidak sembarangan mengkonsumsi makanan mau pun melakukan aktivitas yang berlebihan.
banner
Latest
Next Post